• Selasa, 6 Desember 2022

Resiko Bencana di Kabupaten Grobogan Tinggi, PMI Latih Perangkat Desa Penanganan Kebencanaan

- Selasa, 6 September 2022 | 09:07 WIB
Anggota Karang Taruna saat mengikuti pelatihan Sibat oleh PMI Grobogan.Foto: Teropong Jateng (PMI Grobogan )
Anggota Karang Taruna saat mengikuti pelatihan Sibat oleh PMI Grobogan.Foto: Teropong Jateng (PMI Grobogan )

Teropong Jateng, Grobogan - Resiko bencana di Kabupaten Grobogan tinggi, Palang Merah Indonesia (PMI) edukasi perangkat desa.

Resiko bencana di Kabupaten Grobogan, seperti banjir dan kekeringan mendorong PMI menyelenggarakan Pelatihan Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat).

Dalam pelatihan Sibat pabi Perangkat Desa, PKK serta Karangtaruna digelar 3 hari guna menebalkan resiko bencana di Kabupaten Grobogan.

Baca Juga: Kode Redeem PUBG Mobile Kamis, 1 September 2022: Segera Klaim dan Dapatkan Hadiah Menarik di Dalam Game

Ketua PMI Grobogan, Dr.Ir.Moh Sumarsono, M.Si melalui Kepala Markas Djasman, S.Pd mengatakan kegiatan sebanyak 20 peserta dari unsur Perangkat Desa, PKK serta Karangtaruna mengikuti pelatihan Sibat.

"Pelatihan Sibat untuk membekali masyarakat dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana serta masalah kesehatan, bilamana ada bencana di masyarakat semua sudah tanggap," ungkap Kepala Maskas PMI Grobogan, kepada Teropong Jateng Selasa 6 September 2022.

Dalam pelatihan di Grobogan, pelatihan meliputi Kepalangmerahan, Pengorganisasian Masyarakat, VCA & PRA, Mitigasi Bencana, Peta BKRK, Sistem Peringatan dini, rencana aksi dan sejumlah materi lainnya.

Baca Juga: Kode Redeem FF Kamis, 1 September 2022: Update Dini Hari, Segara Klaim dan Dapatkan Berbagai Item Menarik

"Harapannya, bisa mengorganisasi masyarakat, mereka dapat melakukan tindakan preventif dan tindakan awal dalam menghadapi bencana," Terangnya.

Halaman:

Editor: Wahyu Prabowo

Sumber: PMI Grobogan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X