• Selasa, 6 Desember 2022

Tuntut Soal Upah dan Sistem Kontrak Kerja, Belasan Buruh Lakukan Aksi Demo di Kantor Disnakertans Grobogan

- Selasa, 8 November 2022 | 18:30 WIB


Teropong Jateng, Grobogan – Belasan buruh melakukan aksi demonstrasi di pintu belakang Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Grobogan, Selasa 8 November 2022.

Sebelumnya, para buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Buruh Terpimpin atau Kabut mengirimkan pemberitahuan pada Senin, 7 November 2022, terkait dengan aksi tersebut dengan membawa massa hingga 1.000 orang.

Saat aksi demonstrasi berlangsung pada Selasa, 8 November 2022, para buruh yang melakukan aksi demonstrasi ini berjumlah belasan orang.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Berikut 4 Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat Dijamin Pasti Berhasil

Para buruh tersebut melakukan aksi demonstrasi menuntut soal sistem upah yang layak di Kabupaten Grobogan. Bahkan, mereka juga menuntut soal penghapusan sistem kerja kontrak.

Koordinator aksi demonstrasi yakni Agus Riyanto menyampaikan tiga tuntutan di hadapan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Grobogan, Teguh Harjokusumo.

“Tuntutan kami yang pertama, soal upah layak di Kabupaten Grobogan. Untuk yang kedua yakni, pekerja karyawan kontrak agar bisa menjadi karyawan tetap. Ketiga, kami minta Disnakertrans bisa menjadi pengawas ketenagakerjaan,” ungkap Agus Riyanto.

Kepala Disnakertrans Grobogan, Teguh Harjokusumo turun langsung menerima para buruh yang melakukan aksi demonstrasi di depan kantornya tersebut.

Teguh Harjokusumo memberikan tanggapan terkait dengan tuntutan para buruh soal sistem upah yang layak di Kabupaten Grobogan.

“Terkait soal penetapan upah pada 21 November 2022, kami sudah mendengarkan aspirasi yang menjadi bagian dari masukan dan saran dari teman-teman serikat pekerja, serikat buruh dan pengusaha, dewan pakar dan pihak yang terlibat dalam dewan pengupahan,” tutur pria yang akrab disapa Teguh ini.

Teguh menyatakan bahwa usulan dan masukan terkait dengan upah ini sudah disampaikan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan selanjutnya akan diteruskan kepada Pemerintah Pusat.

Para buruh yang melakukan aksi demonstrasi ini mendapat penjagaan dari kepolisian, TNI dan Satpol PP.

Baca Juga: Berbuat Asusila, Aipda AL Resmi Dipecat. Seragam Dilepas Kapolres Purworejo Diganti Batik

Meski sebelumnya tersiar kabar bahwa jumlah peserta aksi demonstrasi ini ribuan orang, namun pihak kepolisian telah menyiagakan water canon dan pengamanan ketat di area Kantor Disnakertrans Grobogan dan depan Gedung DPRD Kabupaten Grobogan,.

Usai melakukan aksinya di depan Kantor Disnakertrans Grobogan, para buruh ini kembali melanjutkan aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Kabupaten Grobogan dengan agenda doa bersama.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pameran Otomotif Terbesar Ditutup di Semarang

Jumat, 18 November 2022 | 08:47 WIB
X