• Selasa, 6 Desember 2022

Dukung Zero PMK, Sukarelawan PMI Grobogan Terjun ke Para Peternak Lakukan Edukasi Masyarakat

- Kamis, 24 November 2022 | 10:57 WIB
Sukarelawan PMI Grobogan melakukan pengecekan ke sebuah kandang ternak milik warga.
Sukarelawan PMI Grobogan melakukan pengecekan ke sebuah kandang ternak milik warga.

Teropong Jateng, Grobogansukarelawan PMI Grobogan memberikan edukasi ke masyarakat khususnya pemilik ternak di Kabupaten Grobogan.

Kegiatan ini untuk mendukung zero Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi dan kambing.

Koordinator Lapangan PMI Kabupaten Grobogan Gesit Kristyawan menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan selama beberapa hari Dengan sasaran masyarakat pemilik ternak berkuku belah seperti sapi dan kambing.

"Memang kasus PMK di Kabupaten Grobogan saat ini jumlahnya sudah berkurang, namun masyarakat pemilik ternak diharapkan jangan lengah. Karena PMK belum sepenuhnya musnah atau menghilang," kata Gesit, Rabu, 23 November 2022.

Baca Juga: Di Cilacap, Ganjar Pastikan Pj Bupati Tak Neko-neko; Reform Birokrasi Sektor Investasi

Dalam kegiatan tersebut sukarelawan memberikan edukasi dan pemahaman mengenai pencegahan penularan virus PMK. Antara lain dengan melakukan biosekuriti, pemisahan hewan ternak yang terkena dengan yang sehat.

“Sukarelawan juga memberikan edukasi mengenai pembersihan dan disinfeksi kandang, peningkatan kekebalan tubuh ternak, serta pemusnahan hewan ternak yang mati akibat PMK,” tambah Gesit.

Untuk lokasi kegiatan edukasi PMK oleh sukarelawan PMI, menurut Kepala Markas PMI Grobogan Djasman, ada di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan, Desa Jambangan, dan Desa Monggot, Kecamatan Geyer,

Kegiatan PMI Grobogan ini disambut baik oleh Kepala Dinas Perternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Grobogan, Riyanto.

Riyanto mengapresiasi karena kegiatan dari PMI Grobogan tersebut untuk pemutusan kasus PMK. Seperti penyemprotan disinfektan, dan juga surveilans berbasis masyarakat (SBM).

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pameran Otomotif Terbesar Ditutup di Semarang

Jumat, 18 November 2022 | 08:47 WIB
X