• Selasa, 6 Desember 2022

Simak Tips Tingkatkan Kecerdasan Bayi, Orang Tua Wajib Baca!

- Jumat, 25 November 2022 | 12:55 WIB
Photo by Yuri Shirota on Unsplash
Photo by Yuri Shirota on Unsplash


Teropong Jateng - Ada banyak upaya yang akan dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan kecerdasan anaknya.

Mulai dengan menstimulasinya dengan mainan edukatif dan menitipkan anak kepada lembaga bimbingan belajar untuk menaikkan nilai akademisnya.

Namun, selain kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan ketika anak sudah sekolah, orang tua sebenarnya juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak sejak bayi, yakni dengan berbagai tips berguna di bawah ini!

Baca Juga: Dukung Zero PMK, Sukarelawan PMI Grobogan Terjun ke Para Peternak Lakukan Edukasi Masyarakat

5 tips tingkatkan kecerdasan otak bayi
Selain konsumsi makanan bergizi sejak hamil dan memasukkan menu makanan bergizi dalam makanan bayi yang sudah MPASI, masih banyak tips tingkatkan kecerdasan bayi yang bisa dilakukan oleh para orang tua!
 
1. Melakukan Bonding Time
Cara termudah untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah dengan melakukan banyak kegiatan bersama antara orang tua dan bayi atau yang biasa dikenal dengan istilah bonding time.

Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan sosial dan komunikasi pada anak, tetapi juga dapat memperkuat ikatan emosional antara orang tua dengan anak. Anak yang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan orang tuanya biasanya akan memiliki IQ atau kecerdasan intelejensi dan imunitas yang tinggi.

2. Sering Mengajak Bicara
Meskipun kelihatannya tidak berhubungan langsung, rajin mengajak bayi berbincang-bincang juga dapat meningkatkan kecerdasannya.

Meskipun begitu, orang tua perlu memperhatikan beberapa hal saat mengajak bayi berbicara, mulai dari mengatur jumlah kata yang diucapkan dalam satu waktu dan menggunakan intonasi yang berbeda dan menarik.

Jika sering dilatih berbicara, otak bayi pun akan terbiasa merekam tindakan itu sehingga bayi lebih cepat belajar bahasa dan tanggap untuk meniru yang dilakukan orang tuanya.

Orang tua juga harus melakukan kontak mata dengan bayi untuk memudahkan bayi membangun memori di otaknya.

3. Mengajak Mengenal Lingkungan Sekitar
Ketika bayi sudah cukup besar untuk menyangga dan memutar kepalanya untuk melihat-lihat lingkungan sekitar, orang tua bisa mengajak anak beraktivitas di lingkungan sekitar rumah, sesekali.

Orang tua bisa mengajak anak bermain di taman atau berbelanja di supermarket sambil tetap mematuhi protokol kesehatan demi memperkenalkan berbagai jenis binatang, warna, hingga suara yang ada di sekitarnya.

Hal ini tidak hanya dapat membantu anak menambah perbendaharaan katanya dan menstimulasi otaknya untuk berpikir, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif, sosial, hingga kecerdasan emosionalnya.

Baca Juga: Di Cilacap, Ganjar Pastikan Pj Bupati Tak Neko-neko; Reform Birokrasi Sektor Investasi

4. Memberikan Mainan Sesuai Usia
Memberikan mainan pada bayi dapat meningkatkan kemampuan sensorik dan motoriknya asalkan disesuaikan dengan usia bayi.

Jika bayi berusia 1 hingga 3 bulan, orang tua harus memberikan mainan yang mengeluarkan bunyi-bunyian, bisa digenggam, dan tentunya aman bagi bayi.

Sementara itu, di usia 3 hingga 9 bulan, orang tua bisa membelikan mainan dengan bentuk yang bervariasi, mulai boneka berbentuk hewan.

Lalu, di usia 9 bulan lebih, anak sudah bisa berlatih dengan mainan yang dapat melatih ketangkasannya seperti puzzle atau balok susun.

5. Rajin Mengonsumsi Makanan Bervitamin
Kolin sebagai salah satu bentuk vitamin B kompleks adalah sesuatu yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan dan perkembangan otak bayi yang sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI.

Kolin bisa didapat dari makanan seperti kuning telur, daging merah, ikan, daging unggas, hingga sayur-sayuran.

Selain bisa didapat dari makanan, vitamin juga bisa didapat dalam bentuk suplemen yang dijual di apotek.

Vitamin juga bisa dikonsumsi oleh ibu yang tengah mengandung. Salah satu vitamin yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk meningkatkan kecerdasan calon bayinya adalah blackmores pregnancy yang bisa diperoleh di gerai obat atau gerai khusus perlengkapan bayi.

Anda juga bisa membelinya di online merchant yang telah bekerja sama dengan e-commerce terpercaya seperti Blibli.

Di Blibli, Anda tidak hanya bisa mendapatkan produk berkualitas orisinal dengan harga terjangkau dibandingkan harga di gerai konvensional, tetapi juga bisa mendapatkan penawaran menarik seperti promo potongan harga, diskon gratis ongkos kirim, hingga jasa pengiriman super cepat yang bisa disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan belanja Anda.***

Editor: Tri Wibowo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral, Polisi Tangkap Pemain Video Kebaya Merah

Selasa, 8 November 2022 | 06:10 WIB
X